Untuk mana, beli mobil cash atau kredit

0

Beli kredit atau Cash

Semakin tingginya kebutuhan manusia akan mobilitas yang tinggi tentu akan sangat berimplikasi pada meningkatnya permintaan mobil sebagai kendaraan pribadi yang akan digunakan untuk menunjang seluruh aktivitas-aktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, meskipun masih menjadi barang mahal, banyak orang yang tergiur untuk membeli mobil sehingga sekarang tak jarang banyak kita jumpai berbagai usaha kredit mobil yang menjamur dan berkembang pesat.

Hal ini membuktikan bahwa permintaan daya beli konsumen di Indonesia terhadap kendaraan roda empat sedang mengalami peningkatan. Lalu apakah beli mobil dengan cara kredit lebih menguntungkan dari pada membeli mobil secara cash atau tunai? Ingin membeli mobil tapi bingung pakai cara cash atau kredit? Butuh saran dan berbagai macam pertimbangan lainnya? Baiklah kalau begitu simak terus ya artikel ini hingga selesai karena otosini.com kali ini akan membahas mengenai Untung Mana, Beli Mobil Cash atau Credit.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Untung tidaknya beli mobil secara cash atau kredit pertama kali dapat anda lihat dari tingkat kebutuhan anda akan mobil berbanding lurus dengan daya beli anda. Jika anda sedang sangat membutuhkan mobil dan anda juga memiliki uang yang cukup untuk beli mobil secara cash/tunai, maka tidak ada alasan untuk menunda-nunda lagi kan?

Terlebih lagi dengan pertimbangan bahwa mobil itu harus segera anda miliki mengingat anda sedang sangat membutuhkannya dan juga jika membeli secara kredit jika ditotalkan harganya pasti akan lebih mahal. Maka jika kebutuhan anda berbanding lurus dengan kondisi keuangan, maka akan lebih menguntungkan untuk beli mobil secara cash.

Namun, jika keadaan justru sebaliknya yaitu kebutuhan anda akan mobil tidak dibarengi dengan ketersediaan dana yang cukup, atau memiliki dana yang cukup namun anda juga masih memiliki kebutuhan lain yang juga mendesak maka kami rekomendasikan anda untuk beli mobil secara kredit.

Hal ini tentu akan lebih menguntungkan anda dibandingkan anda nekat membeli mobil secara cash dengan seluruh uang yang anda miliki dan sebagai resikonya kebutuhan anda yang lain tak terpenuhi. Jadi, keuntungan bukan hanya soal uang ya, tapi juga kebutuhan.

  1. Dana Cukup tapi belum begitu mendesak

Jika anda berada pada kondisi ini mungkin anda akan sedikit lebih bingung karena beli mobil secara cash atau kredit mampu anda lakukan. Untuk itu lihatlah poin di bawah ini sebagai bahan pertimbangan anda mana yang akan lebih menguntungkan anda:

  1. Beli Mobil Tunai (Cash)

Keuntungan beli mobil tunai atau cash adalah sebagai berikut:

  • Harga mobil tentu akan lebih murah dibandingkan jika anda membeli secara kredit karena akan menghilangkan biaya bunga dan segala biaya administrasi yang timbul jika pembelian dilakukan secara kredit.
  • Mobil dapat anda jual jika anda bosan dengan model mobil tersebut atau anda sedang sangat butuh uang.
  • Anda bebas untuk melakukan apapun pada mobil tersebut karena mobil itu telah sah menjadi milik anda.
  • Anda tidak perlu lagi repot dan pusing-pusing memikirkan pembayaran kredit bulanan setiap bulannya.
  • Pendapatan perbulan anda tidak akan terpotong untuk membayar kredit mobil.

Namun anda perlu mempertimbangkan kekurangan dari membeli mobil secara cash/tunai:

  • Uang yang anda tabung dan kumpulkan dalam waktu yang lama akan lenyap begitu saja. Jika anda memiliki masalah keuangan anda mungkin bisa menjual mobil anda namun tidka mudha untuk langsung menjual mobil. akan lebih baik jika anda punya tabungan atau simpanan.
  • Mobil bukanlah contoh investasi yang baik karena nilainya akan semakin berkurang. Sangat disayangkan jika uang yang telah anda kumpulkan hilang begitu saja karena menjadikan mobil sebagai investasi.
  1. Beli Mobil Kredit

Keuntungannya:

  • Anda bisa punya mobil meski belum punya uang yang cukup untuk beli mobil.
  • Mobil sudah bisa anda gunakan meski belum dibayar lunas.
  • Pembayarannya lebih hemat karena bisa dicicil perbulan.

Namun kekurangannya adalah:

  • Setiap bulan anda harus membayar bunga yang jika semuanya ditotal harga beli mobil secara kredit akan lebih membengkak dari beli mobil secara cash.
  • Pendapatan bulanan akan berkurang untuk membayar cicilan mobil.
  • Jika tidak bisa membayar maka mobil akan ditarik dan uang yang telah dibayarkan hangus bagitu saja.

Nah, bagaimana? Sudah mendapat pandangan dan masukan yang berguna untuk mengambil keputusan? Sekian info dari otosini.com dan terima kasih telah setia menyimak!

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)