Trik hemat mengemudi mobil otomatis

0

Mengemudi mobil otomatis

Siapa yang tidak menyukai mobil yang memiliki fungsionalitas dna mobilitas tinggi namun tetap hemat BBM? Ya, semua pemilik mobil tentu sangat mendambakan adanya mobil yang hemat bbm. Namun, sayangnya tidak semua mobil hemat bbm. Ada beberapa jenis mobil yang sangat boros bbm. Salah satunya adalah mobil-mobil yang menggunakan transmisi otomatis atau biasa disebut dengan mobil matic. Adalah benar jika penggunaan mobil matic lebih simpel dan tidak ribet karena anda tidak perlu lihai memainkan rem dan gas berulang-ulang kali ketika berkendara khususnya di daerah perkotaan yang ramai.

Namun sayangnya, kelebihan tersebut membuat bbm yang diperlukan lebih banyak dari mobil bertransmisi manual karena mobil berjenis ini mengandalkan fluida untuk menyalurkan energi ke torque converter. Jadi, saat pergantian gigi berlangsung, sejumlah besar energi justru dialihkan untuk fluida yang menyebabkan energi yang dapat disalurkan ke roda justru berkurang sehingga mobil bertransmisi otomatis lebih rakus bbm.

Namun anda tidak perlu keburu parno terhadap mobil matic sampai-sampai harus menjual mobil matic anda ya. Karena ada trik hemat mengemudi mobil otomatis yang akan otosini.com ulas hanya untuk anda. lakukan kiat-kita berikut untuk tetap hemat bbm meskipun anda memiliki mobil bertransmisi otomatis:

1. Trik Menekan Pedas Gas

Trik hemat bbm yang pertama yang perlu anda perhatikan pada mobil matic adalah saat anda akan melajukan kendaraan anda dengan menekan pedal gas. Anda tidak perlu menekan penuh pedal gas karena hal demikian hanya akan membuat boros bbm. Hal ini karena dengan memasukkan tuas D, mobil sebenarnya sudah bisa melaju tanpa harus menekan gas sehingga anda bisa lebih hemat bbm.

2. Trik Menggunakan Pendingin (AC)

Jangan mengira bahwa penggunaan pendingin yang boros tidak berimplikasi pada penggunaan bbm. Hal ini karena semakin besar penggunaan pendingin, maka semakin besar pula penggunaan tenaga yang diperlukan sehingga akan membuat lebih boros bbm. Anda bisa tetap mengakalinya dengan cukup menyalakan AC dengan suhu yang tidak penuh, cukup setengahnya saja.

3. Trik Mengatur Kecepatan

Tips hemat bbm berikutnya adalah dengan mengupayakan untuk mengatur kecepatan sekonstan mungkin. Hindari pengereman secara tiba-tiba/mendadak yang secara otomatis juga akan membuat anda lebih sering menginjak pedal gas karena energi yang dibutuhkan saat mobil berakselerasi itu sangat besar dan implikasinya adalah pada penggunaan bbm yang boros pula.

4. Trik Mengemudi Saat Macet

Saat anda terjebak dalam kondisi macet, maka anda tidak bisa menjaga kecepatan mobil untuk tetap konstan dan anda pelru sering menginjak rem. Anda bisa mengakalinya dengan memposisikan tuas transmisi 2/S. Dan bila kemacetan yang terjadi disebabkan oleh lampu lalu lintas, maka anda bisa menghentikan mobil sementara dengan mengubah ke transmisi netral sehingga dapat lebih hemat bbm.

5. Trik Memposisikan RPM

Dan trik terakhir untuk tetap hemat bbm bagi mobil bertransmisi otomatis adalah dengan memperhatikan posisi RPM. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar energi yang dikeluarkan mobil tidak terlalu besar dan masih dalam taraf seimbang. Upayakan untuk tetap mempertahankan posisi RPM pada 2500-3000 RPM saja sehingga dapat lebih hemat bbm.

Bagaimana? Tidak sulikan trik menghemat bbm untuk mobil bertransmisi otomatis (matic)? Anda hanya perlu melakukan kiat-kiat sederhana ini saat menjalankan mobil matic anda dan hasilnya, mobil anda akan lebih hemat bbm deri sebelumnya. Selamat mencoba!

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)