Tips sederhana Test Drive

0

Tips sederhana test drive

Test Drive adalah salah satu elemen yang paling penting dan sangat menentukan saat anda ingin membeli kendaraan baik kendaraan beroda dua atau pun kendaraan beroda empat dalam kondisi masih baru atau pun sudah dalam kondisi bekas/second. Hal ini dikarenakan saat melakukan test drive kendaraan yang anda taksir, anda dapat secara langsung merasakan sensasi mengendarai kendaraan itu serta anda pun mampu memberikan penilaian terhadap kualitas kendaraan tersebut.

Tak hanya itu, anda juga dapat mencocokkan spesifikasi kendaraan yang telah anda pelajari sebelumnya dengan kondisi nyata mobil tersebut. Untuk orang-orang yang sudah biasa berurusan dengan otomotif, test drive bukanlah suatu hal yang memerlukan perhatian sangat khusus karena mereka dapat langsung menakar kondisi kendaraan segera setelah melakukan test drvie.

Namun berbeda dengan orang-orang yang baru akan membeli mobil, perlu tips dan trik khusus agar test drive yang dilakukan dapat memberikan kontribusi sebagai bahan pertimbangan saat akan membeli mobil. karena jika tidak, bisa jadi test drive yang anda lakukan hanya akan sia-sia. Berikut otosini.com beberkan kepada anda Tips Sederhana Test Drive yang dapat anda andalkan. Adapun tipis sederhana test drive adalah sebagai berikut:

  1. Pelajari spesifikasi lengkap kendaraan yang akan anda beli baik itu dalam kondisi baru atau kondisi second. Dengan mempelajari spesifikasi lengkap kendaraan yang akan anda taksir, anda setidaknya memiliki gambaran kondisi mobil sebelum mencoba mengendarainya. Setelah melakukan test drive, anda dapat mencocokkan kondisi kendaraan tersebut dengan spesifikasi yang telah anda pelajari sebelumnya. Begitu pula dengan kendaraan bekas/second, dengan mempelajari spesifikasinya, anda memiliki gambaran bagaimana seharusnya kondisi terbaik kendaraan tersebut dan sejauh mana kelemahan mobil second itu dapat anda pertimbangkan sehingga ada kemungkinan bagi anda untuk menawar dengan harga yang lebih miring.
  2. Bila perlu, ajaklah orang yang lebih pengalaman dan mumpuni dalam urusan kendaraan yang anda taksir, orang ini dapat menjadi teman diskusi anda sebelum mengambil keputusan dan biasanya kekurangan mobil akan lebih mudah terdeteksi oleh orang yang lebih mumpuni.
  3. Periksalah secara mendetail kondisi kendaraan sebelum mengemudikannya baik kondisi luar, dalam, hingga mesinnya. Periksa keadaaan pintu, jok, stir, kaca spion, ventilasi udara, bagasi, kondisi ban, karpet, pedal dan jangan lupa surat-surat kendaraan tersebut apalagi untuk kendaraan bekas.
  4. Jika kondisi kendaraan sudah dirasa OK, mulailah mengendarai kendaraan tersebut. Bila test drive dilakukan untuk kendaraan baru, biasanya dealer akan menyediakan trek yang harus anda lewati yang akan menggambarkan keadaan jalanan dari jalanan yang bersifat lurus, berkelok, menanjak, menurun, berlubang dan berbatu. Sedangkan bila anda melakukan test drive untuk kendaraan second, pastikan dalam waktu yang disediakan anda melewati rute yang menggambarkan kondisi jalanan lurus, berkelok, menanjak, menurun, berlubang dan berbatu.
  5. Jika memungkinkan, injak rem lebih kuat untuk memeriksa apakah mobil akan tertarik ke arah kanan atau ke arah kiri. Lakukan hal ini di jalanan sepi agar tidak mengganggu lalu lintas.
  6. Untuk mengetahui kondisi spooring roda kendaraan, cobalah untuk berkendara dengan melepas tangan dari stir.
  7. Jangan lupa untuk mencari trek yang melintasi polisi tidur karena goyangan kendaraan akan memungkinkan bagi anda untuk mendengar apakah ada suara yang tidak biasa pada kendaraan tersebut. Apabila ada suara-suara yang mencurigakan, biasanya menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah pada kendaraan tersebut.

Demikianlah artikel tentang Tips Sederhana Test Drive yang dapat otosini.com berikan kepada anda smeoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi anda yang berencana untuk melakukan test drive sebelum membeli kendaraan. Bila hasil test drive yang anda lakukan terasa kurang memuaskan dan anda menemukan beberapa kelemahan kendaraan tersebut yang tidak dapat ditolerir, maka anda tidka perlu memaksakan diri untuk membeli kendaraan tersebut untuk menghindari kerusakan lebih parah atau biaya lain yang akan muncul dari perbaikan demi perbaikan di kemudian hari.

 

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)