Tips Berkendara Saat Hujan Secara Aman

0

Ini dia, tips berkendara saat Hujan

Berkendara di musim hujan seperti sekarang merupakan kegiatan yang harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan sikap yang penuh kewaspadaan. Sebab, hujan apalagi hujan deras dapat meningkatkan resiko kecelakaan saat berkendara karena menimbulkan genangan air dan jalanan yang licin bahkan membuat jalanan menjadi rusak sehingga akan mengganggu perjalanan Anda. Dengan kata lain, berkendara ketika hujan cukup berbahaya dan harus dilakukan dengan hati hati supaya tetap aman.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin memberikan beberapa tips berkendara saat hujan agar aktivitas berkendara bisa berjalan lancar meskipun hujan yang turun cukup deras. Beberapa tips tersebut antara lain:

Periksa seluruh bagian kendaraan dengan baik

Sebelum melakukan perjalanan, terutama ketika hujan, Anda harus memastikan bahwa semua bagian kendaraan dalam kondisi yang normal dan baik-baik saja. Hal ini berlaku untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Beberapa bagian yang harus diperiksa antara diantaranya yaitu:

  • Lampu kendaraan, agar jarak pandang ketika berkendara tetap terjaga.
  • Tekanan udara dalam ban, agar tidak tergelincir atau slip ketika berkendara.
  • Kemudi, rem, gas, kopling dan komponen berkendara lainnya dalam kondisi yang normal.

Kurangi kecepatan, nyalakan lampu dan atur jarak aman.

Berkendara dengan kecepatan rendah ketika hujan di atas jalanan yang dilicin menjadi salah satu tips penting yang perlu dilakukan oleh setiap pengendara supaya perjalanan menjadi lebih aman. Terutama bagi pengendara sepeda motor, berkendara dengan kecepatan rendah di jalan yang licin bisa menurunkan resiko tergelincir atau slip yang sangat membahayakan. Jangan pernah memaksakan kecepatan tinggi pada saat hujan karena hal tersebut bisa membahayakan diri anda.

Selain itu, menyalakan lampu dan mengatur jarak aman juga bermanfaat agar setiap pengendaraan menjadi lebih awas dan pengereman bisa dilakukan dengan baik tanpa mendadak untuk mencegah terjadinya tabrakan.

Perkirakan kedalaman genangan air.

Ketika berkendara pada waktu hujan di jalanan yang berlubang dan penuh genangan air, Anda harus lebih berhati-hati dan waspada supaya resiko kecelakaan dan kendaraan mogok bisa dicegah. Perhitungkanlah kedalaman genangan air sebelum melewatinya. Jangan sampai menerobos genangan air sembarangan karena sangat beresiko terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Bila perlu, carilah jalan alternatif untuk menghindari jalanan yang berlubang dan beresiko meningkatkan angka kecelakaan. Jadi, berkendara tetap terasa aman dan nyaman meski cuaca sedang tak bersahabat. Mencari jalan alternatif sangat dianjurkan ketika jalan yang akan anda lalui saat ini terlalu beresiko. Baik karena jalanan yang berlubang ataupun karena resiko mobil mogok karena genangan air terlalu tinggi.

Baca juga: Daftar mobil termurah dengan spesifikasi terbaik

Bagi Anda pengendara motor, jangan lupa untuk gunakan helm sesuai standar, alas kaki yang tidak licin dan mantel atau jas hujan yang aman digunakan ketika berkendara. Sedangkan bagi Anda pengendara mobil, jangan lupa bersihkan kaca dari air hujan dan hilangkan uap pada kaca depan dan samping agar aktivitas berkendara menjadi lebih aman berkat kualitas pandangan yang terjaga.

Diharapkan dengan memperhatikan beberapa tips berkendara saat hujan diatas, anda terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan, seperti tabrakan, slip serta mobil mogok

Itulah beberapa tips berkendara saat hujan yang wajib Anda lakukan supaya semua tetap berjalan dengan aman dan nyaman. Semua resiko yang tidak diharapkan bisa dihindari dengan baik jika sikap waspada dan hati-hati selalu diutamakan.

 

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)