Tips agar AC Mobil tidak bau

0

Tips agar AC Mobil tidak bau

Meski berfungsi sebagai komponen pelengkap dalam berkendara, Air Conditioner atau pendingin udara di dalam ruang kabin mobil memiliki fungsi yang sangat penting bagi kenyamanan para penumpang di dalam mobil. Dengan adanya AC, udara panas dan sesak di dalam mobil yang notabene berada pada ruang tertutup akan dapat diatasi. Apalagi jika berada pada cuaca yang memang sedang panas terik dan terjebak macet di daerah perkotaan, maka kehadiran AC di dalam ruang kabin mobil menjadi satu-satunya solusi yang tak terelakkan.

Maka tidaklah mengherankan jika mobil-mobil keluaran masa kini berlomba-lomba menyajikan fitur AC sebagai penambah nilai dan daya tarik mobil. Namun sayangnya, banyak pemilik mobil yang hanya sekedar merasakan manfaat AC mobil saja tanpa melakukan perawatan atau kurang memperhatikan kondisi ruang kabin yang baik bagi AC mobil sehingga terkadang kinerja AC kurang maksimal dalam mendinginkan udara atau malah AC terasa dingin namun tercium bau-bau kurang sedap yang sangat mengganggu kenyamanan. Jika anda adalah salah satu pemilik mobil yang mengalami masalah dengan bau yang tercium pada AC mobil, maka anda harus segera melakukan perawatan untuk mengembalikan kesejukan dan kebersihan AC anda. Adapun tips agar AC mobil tidak bau adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan Pemilihan Parfum

Pada dasarnya penggunaan parfum adalah untuk menambah suasana nyaman dan harum di dalam ruang kabin mobil. penggunaan parfum juga dimaksudkan untuk mendapatkan suasana lebih segar dari dalam mobil agar tidak terkesan sesak dan apek. Namun sayangnya, tidak semua jenis parfum mobil cocok digunakan untuk mobil ber AC karena terkadang justru parfum tersebut yang malah dapat memicu kerusakan pada AC mobil anda. Untuk itu sangat direkomendasikan bagi anda untuk senantiasa memilih parfum dengan aroma-aroma yang lembut dna netral. Anda bisa memilih aroma-aroma terapi.

Hindari penggunaan parfum dengan aroma kuat dan menusuk karena akan membuat AC mengeluarkan bau apek dan tak sedap. Pilihlah car freshner yang berbentuk spray dna hindari penggunaan parfum mobil dalam bentuk gel. Hal ini karena zat silikon yang ada pada parfum gel akan menimbulkan noda kuning pada dashboard dan efeksamping lainnya baunya akan meresap cepat ke dalam AC dan menimbulkan bau yang sangat tajam dan tidak sedap. Sebagai gantinya, gunakan parfum berbentu spray yang bisa disemprotkan ke segala sudut saat hendak digunakan.

  1. Biarkan Udara Luar Masuk

Selain mengganti jenis parfum mobil anda, tips agar AC mobil tidak bau lainnya adalah dengan membiarkan udara luar masuk ke dalam ruang kabin anda dan secara otomatis udara luar tersebut akan menggantiu dara apek dari AC. Sebelum menempuh perjalanan, bukalah seluruh pintu serta jendela mobil anda dan biarkan udara dari luar masuk ke dalam mobil. Nyalakan AC agar udara baru saling bergantian dengan udara lama pada AC. Lakukan kurang lebih lima menit. Bila perlu, lakukan treatment ini di daerah yang memiliki udara bersih dan sejuk belum tercemar polusi udara perkotaan.

  1. Pembersihan Filter AC

Dan tips agar AC mobil tidak bau terakhir dan juga yang paling penting adalah dengan menjaga kebersihan filter AC anda. Karena filter AC adalah tempat mengendapnya segala jenis debu dan kotoran-kotoran yang berasal dari udara yang menjadi pemicu bau tidak sedap.

Tidak sulit bukan? semoga tips agar AC mobil tidak bau ini bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah menyimak artikel kami!

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)