Terpaksa melewati banjir, ini tipsnya

0

Tips melewati jalanan banjir

Pernah gak sih kamu mengalami sebuah situasi yang bener-bener nyebelin banget dimana kamu harus buru-buru dan wajib dateng on time tapi di tengah perjalanan malah ada rintangan banjir yang siap menghadang yang kalau lewat jalan lain bakalan ngabisin waktu lama banget atau malah gak ada alternatif jalan lain sama sekali dan intinya kamu harus nekat melewati jalan itu.

Kalau sesekali mungkin kamu bisa selamat ya, tapi gimana kalau pada musim penghujan situasi ini bakalan jadi temen akrab kamu. Wah, kalau begitu sih kamu mesti punya kita-kiat khusus untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk akibat nekat menerjang banjir. Ingin tau apa kiat-kiat khusus saat melewati banjir? Kalau gitu ayuk aja deh simakĀ  artikel dari otosini.com karena kami akan memberikan anda tips-tips super jitu jika anda terpaksa harus melewati jalan banjir.

Perkirakan Ketinggian Air

Jangan terlalu nekat melewati jalan banjir tanpa perhitungan ya, bisa-bisa mobil kamu entar tenggelam lagi di jalan banjir itu, hehe. Nah, kalau memang harus banget melewati jalan banjir, maka tindakan antisipasi yang pertama kali bisa kamu terapkan adalah dengan memperkirakan ketinggian air.

Jika menurut perkiraanmu ketinggian air banjir masih bisa kamu lewati dengan aman, dengan catatan air tidak sampai masuk ke filter udara yang fungsi utamanya adalah untuk menyaring udara yang masuk ke ruang mesin. Jika ketinggian air melewati filter udara, maka air dipastikan akan masuk ke dapur pacu dan terjadilah mogok di tengah banjir.

Perhatikan Kecepatan

Tips kedua jika kamu terpaksa melewati jalan banjir adalah dengan memperhatikan kecepatan mobil yang kamu kendarai. Jangan buru-buru jalan karena ingin sampai. Hal pertama yang akan terjadi karena kami menginjak gas adalah jalan menjadi lebih bergelombang dan hal ini tentu sangat mengesalkan bagi pengendara lain, air akan bercipratan ke mana-mana.

Selain itu, volume air yang terserap oleh filter udara tentu akan bertambah dan ruang mesin bisa kebanjiran. Selain tidak diperbolehkan untuk mempercepat laju mobil, sangat tidak dianjurkan pula untuk melakukan pengereman atau malah berhenti pada saat melewati jalan banjir karena justru akan mempermudah akses air menuju ruang mesin mobil anda.

Jangan Injak Kopling

Upayakan untuk menghindari menginjak kopling saat melewati jalan banjir. Bila anda nekat menginjak kopling, maka akibatnya air banjir akan masuk ke stik oli dan bercampur bersama oli. Saat oli sudah bercampur air, maka mobil anda akan otomatis berhenti. Sangat direkomendasikan untuk tidak mencoba menghidupkannya kembali sebelum oli yang telah bercampur air tadi diganti.

Perhatikan Ruas Jalan

Jika belum terlalu familiar dengan kondisi jalan yang kamu lewati, dengan catatan kamu tidak tahu batas antara jalan dan selokan yang jelas, maka sangat direkomendasikan untuk tidak nekat mengambil jalan di pinggir karena kemungkinan mobil kamu akan masukĀ  dan terjebak di selokan.

Matikan AC

Saat melewati jalan banjir, matikan sejenak AC anda karena menyalakan AC hanya akan menambah beban mobil anda dan implikasinya adalah korsleting. Anda bisa segera menyalakan AC kembali saat sudah melaju ke jalanan yang kering.

Nah, simpel dan praktis kan tips mengantisipasi mogok untuk mobil anda jika anda terpaksa harus melewati jalan banjir. Semoga informasi yang otosini.com bagikan kali ini bermanfaat untuk kamu ya….

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)