Posisi mengemudi yang benar

0

Mengemudi yang benar

Posisi mengemudi yang benar? Emangnya penting? Bukahkah posisi mengemudi itu tidak menjadi soal asal nyaman dan bisa mengemudikan kendaraan dengan baik? Mesti pakai protokol segala? Ya haruslah! Malah posisi mengemudi yang benar sangat berperan dalam membantu anda untuk berkendara dengan selamat.

Nah, yang penting lagi, kenyamanan mengemudia bukan satu-satunya tolak ukur dalam kesuksesan serta keselamatan dalam mengemudi ya. Dan tidka semua orang yang telah mahir mengemudi mengetahui dengan baik posisi mengemudi yang benar. Bahkan kebanyakan dari mereka malah tidak tahu sama sekali. Nah, bagi anda baik para pengemudi pemula atau pun yang sudah bisa mengendarai kendaraan, kali ini kami akan mengulas informasi mengenai posisi mengemudi yang benar yang dapat segera anda praktekkan saat mengemudikan kendaraan anda. silahkan disimak ya!

  1. Posisi Saat Duduk

Posisi mengemudia yang benar yang pertama kali harus anda perhatikan adalah posisi duduk yang benar saat anda mengemudi. Hal ini sangat penting baik untuk megatur laju mobil dengan baik atau pun untuk kenyamanan anda sendiri. Nah, pada saat akan duduk, yang pertama kali harus anda atur adalah posisi kaki anda terhadap pedal kopling dan rem. Aturlah posisi antara kaki dengan pedal kopling sehingga dapat menghasilkan injakan penuh, ini berlaku bagi mobil dengan transmisi manual. Sedangkan untuk mobil matik, aturlah agar kaki dan pedal rem menghasilkan injakan penuh saat diinjak.

Setelah mengatur posisi kaki terhadap pedal, aturlah posisi sandaran punggu ke jok dengan memperhitungkan jarak jangkauan terjauh tangan dari stir. Caranya cukup sederhana, anda hanya tinggal meletakkan tangan pada stir sambil menempelkan pinggan sampai bahu ke sandaran jok mobil anda. setelah itu atur pula posisi pandangan ke depan, posisi kaca spion yang benar serta pasang safety belt sebelum berkendara.

  1. Posisi Tangan Terhadap Stir

Setelah mengatur posisi duduk yang benar, maka anda juga perlu mengatur bagaimana posisi tangan terhadap stir yang benar. Normalnya, saat sedang berkendara posisikan tangan anda berada pada stir mengikuti arah jam 9-3 (kiri kanan). Hal ini lebih aman dan praktis mengingat smeua tuas-tuas kontrol berada pada bagian stir di arah ini. Hindarilah menyetir dengan satu tangan, meletakkan kedua tangan pada satu titik, atau memasukkan satu tangan ke dalam lingkaran stir.

  1. Posisi Kaki

Pada bagian posisi duduk di atas telah dijelaskan sedikit bagaimana posisi kaki yang baik yaitu atur sedemikian rupa agar menghasilkan injakan kopling dna rem secara penuh hanya bila diinjak. Oleh karenanya, tetap posisikan kaki anda pada footrest yang tersedia. Jangan tempelkan kaki anda pada pedal kopling atau rem.

Sangat direkomendasikan bagi anda untuk memposisikan kaki lurus terhadap pedal rem dan agak miring sedikit ke arah kanan terhadap pedal gas. Posisikan pula tumit anda untuk tetap menempel di lantai. Usakan tumit untuk tidak bergeser-geser.

Demikianlah informasi mengenai posisi mengemudi yang benar. Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda dna dapat anda terapkan dalam berkendara. Ingat selalu untuk mengutamakan keselamatan di atas kenyamanan. Posisi yang paling nyaman untuk anda bukanlah selalu berarti sebagai posisi yang paling aman.

Setidaknya, dengan menerapkan posisi mengemudi yang benar, anda dapat mengemudi dengan aman dna tanpa gangguan. Selamat mempraktekkan posisi mengemudi yang benar pada artikel di atas ya, dan terima kasih telah menyimak!

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)