Modus kejahatan pada pengendara mobil

0

Modus Kejahatan Jalanan

Kesenjangan ekonomi yang cukup jauh antara si kaya dan si miskin di Indonesia dan kurangnya lapangan pekerjaan yang sangat tak sebanding dengan jumlah angkatan kerja atau manusia produktif dalam usia kerja yang diperparah dengan naiknya harga bahan-bahan pokok yang berbanding terbalik dengan menurunnya daya beli menyebabkan kriminalitas merajalela di seantero negeri ini.

Tak ada tempat yang sejatinya benar-benar aman dan tak terendus nafas-nafas kriminil yang sudah putus asa dengan kerasnya hidup atau mereka yang sekedar ingin bergaya hidup parlente namun dengan sedikit mengucurkan keringat. Dan salah satu sasaran empuk bagi mereka para penjarah harta orang adalah di jalan raya.

Maka sudah terdengar familiar di telinga kita saat ini dari pagi buta, siang bolong hingga larut malam di televisi tak henti-hentinya mengabarkan kasus kejahatan ini dan itu yang marak terjadi di jalan raya. Pelakunya tak pernah pandang bulu, siapapun mungkin menjadi korban asal berpotensi untuk dilucuti hartanya. Yang lebih memilukan lagi, tak hanya harta yang melayang malah terkadang jiwa pun ikut dipertaruhkan, direngut tanpa ampun.

Dan kasus-kasus kejahatan yang kekejiannya seakan berlomba-lomba itu bukan hanya bisa menimpa orang lain, namun anda dan keluarga anda juga sangat mungkin menjadi korban dari berbagai modus kejahatan di jalan raya, apalagi bagi anda yang berkendara dengan mobil mewah yang bagi mata para kriminil sejati bagaikan gerobak uang berjalan.

Menanggapi dengan semakin brutalnya modus-modus kejahatan tersebut, maka adalah sebuah tindakan yang sangat bijak bagi anda untuk mengantisipasi modus kejahatan di jalan raya dengan mempelajari modus-modus kejahatan tersebut agar anda tidak terjebak dan tertipu.

Lalu apa sajakah modus kejahatan pada pengendara mobil? berikut otosini.com akan mengulasnya hanya untuk anda.

Modus Razia Narkoba

Kini para kriminil semakin kreatif dalam memoles aksi kejahatannya. Modus razia narkoba biasanya sudah sangat direncakanan oleh para penjahat jalanan yang terlatih dan berpenampilan menyakinkan. Mereka akan berjaga pada sisi jalan yang sepi dan menghentikan mobil anda dengan dalih razia narkoba.

Anda tidak perlu panik. Cukup pelajari modusnya dan cari trik untuk bisa terbebas dari skandal penipuan yang mereka lancarkan. Biasanya mereka akan meminta izin menggeledah paksa isi mobil anda dan menunjukkan anda kantong plastik berisi narkoba. Anda akan ditakut-takuti dengan ancaman penjara dan sebagainya dan diminta untuk membayar sejumlah uang jika ingin lolos.

Untuk mengatasinya, cobalah cari kesempatan dimana anda bisa berteriak dan meminta bantuan kepada orang lain dan tindakan pencegahannya anda dapat menanyakan surat tugas dari polisi gadungan yang berpura-pura merazia itu. Jika mereka berdalih, maka pastilah mereka merupakan kawanan penipu. Dan terpenting lagi, usahakan agar tidak melewati rute sepi tanpa perlindungan apapun.

Modus Penodongan

Kasus penodongan sering terjadi di lampu merah, saat anda dan kendaraan anda sedang berada pada kondisi macet-macetnya. Pada penjahat ini biasanya membawa senjata tajam menggunakan sepeda motor dan jumlahnya lebih dari seorang. Upayakan untuk selalu tenang dan berpikir mencari jalan keluar. Carilah celah agar mobil anda bisa keluar dari situasi berbahaya itu.

Modus Tebar Paku

Biasanya tebar paku dilakukan oleh oknum nakal tukang tambal ban di sekitar tempatnya beroprasi agar mendapatkan pelanggan. Namun, pada kesempatan lain, aksi tebar paku juga bisa menjadi modus kejahatan bagi kriminil yang berniat untuk merampok. Modus kejahatan ini cukup simpel. Si pelaku menyebar paku di kawasan sepi. Pelaku lainnya menunggu di jalan atau ada pula yang mengamati dari jauh hingga mobil berhenti. Ketika mobil berhenti, para pelaku akan melakukan aksi penodongan dan mengambil seluruh barang berharga milik korban.

Ingatlah selalu petuah lawas, “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Mungkin agak sulit untuk keluar pada situasi menegangkan saat modus kejahatan itu terjadi, oleh karena itu, akan lebih bijak dan aman untuk mecegah sebelum modus kejahatan di atas terjadi.

Hindari mengendarai mobil melewati tempat sepi pada malam hari, jangan gunakan perhiasan yang mencolok, simpan barang  berharga di tempat yang aman dan tersembunyi dan jangan panik. Biasanya, korban yang terlalu panik justru akan membuat pelaku modus kejahatan sedikit gentar sehingga tak jarang mereka jadi emosional dan melakukan kekerasan hingga pada taraf membunuh korbannya. Semoga anda selalu waspada!

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)