Mobil anda mogok saat banjir, lakukan hal ini!

0

Mobil mogok saat banjir

Siapapun pasti tidak akan menyukai banjir. Dan akan sangat merepotkan jika kita terpaksa harus menerobos banjir untuk menuju ke tempat yang ingin kita sambangi. Belum lagi soal kendaraan yang bisa jadi kotor, pakaian yang sudah rapi jadi basah dan belepotan lumpur serta kemungkinan terburuk dan terseram dari kenekatan membawa mobil menerobos banjir adalah mogok ditengah banjir.

Bukan hanya anda yang akan kesal, tetapi para pengendara lain yang akan lewat juga pasti akan menatap anda dengan pandangan membunuh, hehe. Sudah melakukan tips dan trik aman untuk menerobos banjir tetapi tiba-tiba mobil mogok? Jangan nangis di tengah jalan ya, hehe. Tenangkan pikiran dan simak beberapa hal yang akan otosini.com bahas di bawah ini tentang cara mengatasi mobil mogok saat banjir yang pasti akan sangat berguna untuk anda yang sering melewati kawasan banjir jika musim penghujan telah tiba.

Berikut tips ampuh dan jitu mengatasi mobil mogok saat banjir:

  1. Pemeriksaan Filter Udara

Hal pertama yang harus anda perhatikan saat mobil anda tiba-tiba mogok adalah memeriksa kondisi filter udara. Hal ini dilakukan karena filter udara adalah tempat masuk pertama kali bagi air untuk menjajah isi mobil anda. filter udara yang fungsi sebenarnya untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang mesin menjadi hilang fungsinya saat dalam kondisi basah.

  1. Pemeriksaan Kabel Busi

Setelah memeriksa filter udara, hal kedua yang dapat anda lakukan sebagai kita pertolongan pertama saat mobil mogok ketika menerobos banjir adalah dengan memeriksakondisi kabel busi karena kemungkinan kabel busi sudah dalam kondisi basah. Jika kabel busi basah, tiuplah sampai mengering.

  1. Pemeriksaan ECU (Electronic Control Unit)

Dan kiat terakhir mengatasi mobil mobok saat banjir adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi ECU mobil. Hal ini sangat penting dikarenakan ECU adalah sumber kelistrikan mobil dan jika ECU terendam air, maka pasti sistem kelistrikan pada mobil akan terganggu sehingga sangat direkomendasikan kepada anda untuk tidak mencoba menghidupkan lagi mobil tersebut melainkan langsung membawanya ke bengkel terdekat untuk mencegah korsleting dan kerusakan pada komponen-komponen lainnya.

  1. Pemeriksaan Oli Mesin

Jangan lewatkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap oli mesin. Anda pelru memeriksa apakah air banjir telah bercampur masuk ke dalam stik oli dengan cara melihat apakah tinggi oli pada stik oli itu normal atau malah melebihi batas seharusnya. Jika melebihi batas maksimal maka kemungkinan besar air sudah masuk dan bercampur dengan oli. Selain melihat jumlah oli yang bertambah dari keadaan normalnya, anda juga bisa memeriksa dengan cara melihat berdasarkan warna oli yang normalnya coklat gelap kehitam-hitaman.

Maka jika bercampur dengan air warnanya tentu akan menjadi lebih terang seperti warna kopi susu. Jika sudah demikian maka jangan mencoba untuk menghidupkan mobil mogok tersebut melainkan segera membawanya ke bengkel terdekat untuk melakukan penggantian oli.

  1. Pemeriksaan Bahan Bakar

Jangan keburu panik saat mobil anda tiba-tiba mogok saat menerobos banjir. Mungkin anda akan berpikir terjadi kerusakan kecil atau ada yang tidak beres pada mobil anda dikarenakan banjir. Namun cobalah untuk tetap tenang dan mulai memeriksa kondisi mobil tersebut dari kemungkinan termudah yang mungkin terjadi yaitu mobil anda bisa saja kehabisan bensin. Jangan sampai terburu-buru memanggil bala bantuan dan panik gak jelas padahal mobil anda mogok karena bahan bakarnya habis.

Demikianlah saran dari otosini.com untuk anda yang memiliki masalah dengan mobil mogok saat menerobos banjir semoga bermanfaat dan terima kasih.

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)