Kapan anda harus ganti ban baru?

0

Kapan ganti ban baru

Untuk anda yang memiliki kendaraan ada satu hal yang harus anda lakukan setelah kendaraan anda menunaikan kewajibannya menemani dan mengantarkan anda ke tempat-tempat yang anda tuju, yaitu anda harus menunaikan haknya untuk diberikan perawatan dan peremajaan. Salah satu aspek pada kendaraan anda yang harus anda perhatikan betul adalah kondisi ban kendaraan bermotor anda, baik itu ban depan maupun ban belakang.

Memang pemeriksaan kondisi ban ini terdengar sangat sepele dan mudah dilakukan, namun jangan salah, banyak orang yang karena menganggap hal ini sepelu justru menjadi tidak peduli pada kondisi kendaraannya sendiri. Membiarkan ban hingga aus dan rata sehingga tak layak untuk digunakan. Kondisi ban yang jelek juga disinyalir menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi anda untuk selalu merawat kendaraan anda dan memeriksa kondisi kelayakan ban kendaraan anda. Hal ini sangat perlu untuk anda lakukan karena dengan pemeriksaan, anda dapat menentukan kapan waktu yang paling tepan untuk ganti ban baru. Namun yang mungkin yang masih menjadi pertanyaan banyak orang adalah “Kapan Anda Harus Ganti Ban Baru”? Atikel dari otosini.com berikut ini akan mencoba mengulas dan menjawab semua pertanyaan anda tentang kapan waktu yang paling tepat untuk ganti ban baru. Silahkan menyimak!

Cara Pertama

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengetahui kapan waktu yang paling tepat untuk ganti ban baru adalah dengan melihat kode khusus yang terletak pada dinding ban. Namun sayangnya, masih banyak orang yang hanya sekedar bisa melihat kode tersebut namun tidak dapat membacanya atau dengan kata lain tidka mengetahui kegunaan dari kode tersebut. Bila anda melihat kode berupa “3011” yang tertera pada dinding ban, maka anda dapat menyimpulkan bahwa ban tersebut diproduksi pada minggu ke 30 pada tahun 2011. Dengan demikian anda dapat menghitung sendiri kira-kira umur ban tersebut. Karena biasanya ban memiliki masa pakai khusus yang perlu anda cermati. Untuk ban depan, umur ban tersebut bisa sampai satu hingga satu setengah tahun. Sedangkan untuk ban belakang, umur ban berkisar antara sepuluh hingga dua belas bulan. Setelah melewati masanya, maka ban kendaraan anda harus diganti.

Cara Kedua

Cara selanjutya untuk mengetahui kapan waktu yang paling tepat untuk ganti ban baru adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap TWI atau Tread Wear Indicators. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu Tread Wear Indicators anda dapat memeriksanya dengan melihat bagian dinding atau tapak ban. TWI berbentuk seperti segitiga kecil yang menjadi tolak ukur akurat kapan anda harus ganti ban baru. Jika segitiga yang merupakan batas terakhir ban ini melewati batas aus-nya atau dengan kata lain ban mulai menipis maka anda bisa mulai menggantinya dengan ban baru.

Cara Ketiga

Selain dengan membaca dan melakukan pengecekan, waktu tepat untuk ganti ban baru juga dapat anda rasakan langsung pada performa kendaraan anda terutama pada kendaraan beroda dua atau sepeda motor. Bila kendaraan anda terasa tidak seimbang saat anda bawa dijalanan menikung, maka itu adalah sinyal awal bagi anda untuk segera ganti ban baru.

Cara Keempat

Dan cara terakhir untuk mengetahui kapan harus ganti ban baru adalah dengan melihat penampakan langsung ban anda. anda bis amulai melihat kondisi alur ban anda. jika sudah halus dan alurnya sudah kabur maka sudah saatnya untuk ganti ban baru. Bila ban anda sudah keras dan bagian luar ban banyak yang retak-retak, maka anda harus benar-benar ganti ban baru sebelum kondisinya semakin parah.

Demikianlah artikel yang dapat otosini.com sajikan kepada anda mengenai kapan wkatu paling tepat untuk ganti ban baru. Semoga anda mendapatkan manfaat dari artikel ini dna jadilah pengendara yang bijak!

 

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)