Inilah yang penting anda perhatikan saat Mudik Lebaran

0

Mudik Lebaran

Lebaran adalah hal yang pastinya sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Lebaran bukan hanya soal hari besar agama Islam saja, namun lebih dari itu, momen lebaran menjadi momen berkumpul dan bersilaturahim yang dinanti-nantikan sepanjang tahun oleh banyak orang.

Karena merupakan momen yag selalu ditunggu dan didambakan, maka lebaran tak boleh jadi asal lebaran, semuanya harus doiperhitungkan dengan matang, apalagi bagia anda yang berencana akan mudik untuk berlebaran bersama keluarga besar di kampung. Maka secara otomatis persiapan mudik lebaran harus benar-benar matang. Nah, anda bisa mengikuti tips yang harus anda perhatikan saat mudik lebaran yang akan diulas tuntas oleh artikel kami berikut ini. Disimak ya!

Tips yang harus anda perhatikan saat mudik lebaran:

Persiapkan Kendaraan

Bagi anda yang berencana mudik dengan kendaraan pribadi, maka hal pertama yang harus benar-benar anda perhatikan dengan baik adalah kondisi kendaraan anda. bila perlu, bawa dahulu kendaraan anda ke bengkel untuk diservis atau untuk mendapatkan perawatan maksimal atau sekedar melakukan pengecekan sendiri di rumah. Jangan melewatkan hal-hal kecil karena bisa jadi hal tersebut yang mengganggu perjalanan anda nanti.

Hal ini sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang kurang diinginkan saat dalam perjalanan mudik menuju kampung halaman. Apalagi bagi anda yang mudik ke kampung halaman yang jaraknya lumayan jauh dan harus memakan waktu lebih dari satu hari untuk sampai ke tempat tujuan. Jika kondisi kendaraan pribadi yang akan anda gunakan untuk mudik sudah oke, maka anda bisa melanjutkan persiapan selanjutnya.

Bawa Sopir Pengganti

Hal ini perlu untuk anda yang mudik lebaran dengan menggunakan mobil pribadi dan menempuh perjalanan yang jauh. Kelelahan akibat jauhnya perjalanan, rasa kantuk serta kondisi tubuh yang lemah karena sedang berpuasa bisa menjadi pemicu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Bila anda memiliki dana yang mencukupi, tak ada salahnya untuk menyewa seorang sopir.

Baca juga: Mobil yang paling disukai cewek

 

Namun, bila dana yang ada hanya pas-pasan, maka usahakan untuk menyetir secara bergantian dengan penumpang yang bisa menyetir mobil. oleh karenanya, bawalah anggota keluarga yang bisa menyetir mobil agar anda bisa saling menggantikan.

Tentukan Rute

Anda tidak perlu repot-repot menentukan rute bila anda mudik lebaran menggunakan kendaraan umum. Paling yang perlu anda lakukan adalah mengikuti pergantian kendaraan yang tepat sesuai dengan jalur tujuan anda. namun, bila anda menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik lebaran, anda wajib menentukan rute paling aman, cepat dan efektif. Aman maksudnya rute yang anda lalui minim terjadinya tindak kejahatan di jalanan atau aman rute berbahaya kecelakaan lalu lintas.

Bila memungkinkan untuk dihindari, pilihlah rute yang lebih aman. Namun, bila tidak ada rute lain, usahakan untuk mengatur waktu agar tidak melewati jalan tersebut saat malam hari.

Pesan Tiket Lebih Awal

Untuk anda yang mudik dengan kendaraan umum, maka anda harus memesan tiket keberangkatan jauh-jauh hari sebelum hari H karena kemungkinan tiket sudah habis terjual.

Bawalah Barang Seperlunya

Ingat, yang anda lakukan hanya mudik lebaran, bukan pindahan. Bawalah pakaian, makanan, serta obat-obatan seperlunya saja. Bila menggunakan kendaraan pribadi, jangan letakkan barang-barang berharga anda di tempat yang mudah terlihat atau jika menggunakan kendaraan umum, jangan memakai perhiasan secara berlebihan dan mencolok karena hanya akan memancing para pelaku kejahatan untuk melakukan tindakan kriminal.

Demikianlah tips yang harus anda perhatikan saat mudik lebaran. Semoga bermanfaat dan semoga perjalanan anda lancar dan menyenangkan!

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)