Cara menghindari ban cepat Aus

0

Tips Merawat Ban Mobil

Salah satu komponen mobil yang bergesekan langsung dengan jalanan adalah ban mobil. oleh karena itu, ban mobil memiliki kondisi kritis yang harus selalu diperhatikan karena jika kondisi ban sudah aus, gundul dan rata/licin, maka bukan hanya soal penampilan ban saja yang menjadi masalah, keselamatan anda dalam berkendara pun akan menjadi masalah serius karena kondisi ban yang tidak bagus bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sebagai pengendara, anda tentu tidak mau hal tersebut terjadi, maka sebelum menimbulkan dampak yang serius, ada baiknya anda melakukan berbagai macam tindakan pencegahan untuk menghindari ban cepat aus. Anda bisa melakukan beberapa tips menghindari ban cepat aus berikut ini:

  1. Perhatikan Kondisi Jalanan

Jika tidak terlalu mendesak dan masih ada alternatif lain, hindarilah kondisi jalanan rusak, bolong-bolong, atau berbatu tajam yang dapat mempercepat aus pada ban mobil anda. Jika tidak ada jalan alternatif, maka lintasilah jalan rusak tersebut secara perlahan untuk mengurangi gesekan.

  1. Perhatikan Kecepatan Berkendara

Memperhatikan kecepatan dalam berkendara bukan hanya membantu menjaga keselamatan anda namun juga dapat menjaga kondisi ban mobil anda agar tetap awet dan tidak cepat aus. Jangan terlalu sering menggempur mobil anda dengan kecepatan tinggi karena akan membuat gesekan semakin besar dan akhirnya membuat ban cepat gundul.

  1. Perhatikan Cara Mengemudi

Tips menghindari ban cepat aus berikutnya adalah hindari mengemudi secara sembrono. Jika ingin berhenti, usahakan untuk mengerem perlahan, termasuk saat berbelok, melalui tikungan, jalan menanjak, menurun atau berbatu. Lintasilah jalanan dengan perlahan dan kecepatan normal. Jangan terlalu bringas dan agresif memacu kendaraan.

  1. Perhatikan Indeks Beban Ban

Setiap ban mobil memiliki kapasitas atau ambang batas beban yang dapat ditampungnya. Anda bisa memperkirakan apakah beban yang dibawa mobil anda dapat ditolerir oleh kapasitas ban dengan melihat indeks beban ban mobil tersebut.

  1. Pemeriksaan Tekanan Angin

Tips menghindari ban cepat aus selanjutnya adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan tekanan angin pada ban mobil anda. Hal ini penting untuk dilakukan karena tekanan angin yang terlalu tinggi pada ban mobil anda mengakibatkan bagian tengah ban akan lebih cepat gundul. Selain itu, ban juga lebih berpotensi untuk mengalami masalah lain berupa pecah atau benjol pada sisi-sisinya jika kondisi tekanan bangin ban dalam keadaan rendah. Meski ban terlihat baik-baik saja dalam tanda kutip tidak kempes, anda tetap direkomendasikan untuk memeriksa tekanan angin pada ban sesuai dengan ketentuan yang telah disyaratkan oleh pabrikan. Mengabaikan tekanan angin pada ban mobil anda hanya akan menambah masalah lainnya berupa kerusakan permanen pada ban.

  1. Perhatikan Penggunaan Velg

Tips menghindari ban cepat aus terakhir adalah dengan memperhatikan penggunaan velg. Gunakan velg standar yang memang cocok untuk ban mobil anda. jangan menggunakan velg yang tidak pas atau tidak sesuai ukurannya dengan ban mobil karena hanya akan mengakibatkan pergesekan dan juga tekanan antara ban mobil dan juga jalan raya tidak merata sehingga pada sisi tertentu ban akan lebih cepat aus.

 

Demikianlah tips menghindari ban cepat aus yang dapat kami uraikan pada artikel ini. Semoga tips dari kami dapat menjadi salah satu referensi bagi anda untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin terhadap kondisi mobil anda agar tidak cepat aus dan ban dapat lebih awet serta lebih aman digunakan. Terima kasih telah menyimak!

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)