Cara mengatasi Radiator Panas

0

Tips mengatasi radiator panas

Benda apapun yang kita miliki, kita wajib untuk merawat dan menjaganya agar tetap dapat befungsi dengan sempurna dan maksimal. Bahkan tak hanya benda, bagian tubuh kita sekalipun harus dirawat dan dijaga agar tetap sehat dan dapat melakukan fungsinya sebagaimana mestinya.

Hal ini juga berlaku pada pemilik kendaraan bermotor seperti mobil misalnya. Perawatan mobil adalah hal wajib yang harus dilakukan secara rutin dan berkala untuk menjaga fungsi setiap komponen mobil baik luar maunpun dalam dan juga agar dapat mempertahankan kinerja mobil seperti seharusnya.  Salah satu kompnen yang sangat krusial bagi sebuah mobil adalah radiator.

Radiator memegang kendali yang sangat penting terhadap kinerja mesin mobil anda. Sebab, radiator akan menjaga suhu mesin mobil anda agar tetap berada dalam kondisi konstans, stabil serta seimbang. Keberadaan radiator pulalah yang dapat mencegah terjadinya overheating pada mesin mobil anda karena radiator dengan aktif akan mempertahankan suhu konstan dan menstabilkan kembali mesin mobil anda sehingga masalah-masalah seperti mesin mobil yang tiba-tiba mati mendadak yang dikarenakan temperatur mesin mobil terlalu panas.

Bahkan tak hanya sampai disitu, jika mesin mobil anda terlalu panas, maka dapat menyebabkan kerusakan komponen-komponen mesin yang lain. Karenanya, dibutuhkan cara mengatasi radiator panas.

Untuk menjaga dan mencegah kerusakan yang lebih parah yang terjadi pada mobil anda dikarenakan overheating, adalah sangat diperlukan bagi anda untuk tetap menjaga kondisi radiator mobil anda agar tetap dapat mengontrol suhu terbaik bagi mesin mobil anda. Anda dapat melakukan beberapa perawatan rutin yang akan kami ulas di bawah ini untuk mencegah agar radiator mobil anda tidak cepat panas.

Beberap tips cara mengatasi radiator panas adalah sebagai berikut:

  1. Sistem Radiator Bocor

Salah satu penyebab paling fatal mengapa air radiator mesin mobil anda cepat habis sehingga radiator semakin cepat panas daripada kondisi biasanya dan air radiator cepat habis dikarenakan terjadinya kebocoran pada sistem radiator mobil. untuk mencegah hal ini terjadi, sering-seringlah melakukan pemeriksaan kondisi radiator dan jika air radiator cepat habis diluar kewajaran kondisi normalnya, maka bisa saja telah terjadi kebocoran. jika telah terjadi kebocoran pada sistem radiator, segeralah membawa mobil anda ke bengkel yang mumpuni untuk mengatasi kebocoran tersebut sebelum kerusakan merembes pada komponen-komponen mobil lainnya.

  1. Selang Radiator Rapuh

Lakukan pula pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi kelayakan selang radiator anda. biasanya, selang radiator yang sudah berumur akan cepat rapuh dna menyebabkan kebocoran sehingga air radiator yang mengalir pada selang merembes ke luar dan menyebabkan air pada radiator lebih cepat habis dan radiator menjadi cepat panas dari kondisi normalnya. Cara mengatasinya anda tidka perlu harus membawa mobil ke bengkel, anda bisa membeli dna mengganti selang radiator dengan yang baru.

  1. Penutup Saluran Pembuangan Radiator Rusak

Terkadang memang secara kesat mata penutup pembuangan radiator terlihat dalam kondisi baik-baik saja. Namun, bila diperhatikan lagi ada kalanya penutup tersebut longgar sehingga air merembes keluar dan raditor menjadi cepat panas karena lebih mudah kehabisan air. Jika sudah dibenarkan tetap longgar, rekatkan penutup saluran pembuangan radiator tersebut dengan selotip hingga rapat dan air radiator tidak merembes ke luar.

  1. Fan Pendingin Radiator Lemah

Fan pada radiator berfungsi untuk mendinginkan suhu radiator untuk mencegah overheating. Jika fan pada radiator kurang berfungsi maksimal, maka radiator akan lebihn cepat panas dan air radiator memang tidka merembes ke luar hanya saja air menjadi lebih cepat menguap. Untuk mengatasi kinerja fan yang sudah tidak maksimal, anda bisa membawa mobil anda untuk ditangani di bengkel sebelum terjadi kerusakan yang lebih serius.

  1. Kompresi Mesin Bocor

Jika terjadi kebocoran pada kompresi mesin, maka air di dalam radiator akan lebih cepat habis karena mengalami penguapan. Jika kompresi mesin mobil anda diindikasikan bocor, segera bawa mobil anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari bengkel.

Demikianlah tips cara mengatasi radiator panas. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah menyimak!

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)