Cara cek Oli Mobil Anda

0

Cara cek oli mobil

Tidak seperti mesin, oli adalah salah satu komponen pelengkap mobil yang tidak menetap pada mobil anda melainkan komponen yang harus ditambahkan sendiri oleh si pemilik mobil yang menginginkan agar mobilnya dapat berfungsi dengan baik dan maksimal. Untuk itu, dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan bagi para pemilik mobil untuk senantiasa menjaga dan merawat serta memeriksa kondisi oli pada mobil anda. hal ini sangat diperlukan mengingat fungsi oli mobil sangat sangat krusial bagi mesin mobil anda.

Baca juga: Penampakan Toyota Sienta

 

Dengan adanya oli, kerja mesin anda yang berat tidak akan memberi pengaruh yang buruk terhadap pergerakan mesin karena oli berfungsi sebagai pelumas yang mengurangi keausan mesin. Jika tidak ada oli, maka mesin mobil anda akan lebih berpotensi mengalami aus dan kerusakan lainnya. Untuk mencegah semua itu terjadi, cek selalu kondisi oli mobil anda. karena dengan melakukan pengecekan serutin mungkin, anda menjadi lebih faham terhadao kebutuhan mobil anda dan bila mesin mobil anda sudah mulai aus karena oli menipis, anda bisa segera menggantinya dengan yang baru dan karenanya tentu dibutuhkan tips cara cek oli mobil.

Bagi anda yang telah memiliki mobil dalam wkatu yang lama dna telah faham terhadap seluk beluk mobil anda mungkin anda bisa dengan mudah melakukan pengecekan oli mobil. Namun, bagi anda para pengendara mobil pemula, cara cek oli mobil adalah salah satu ketangkasan atau keterampilan yang perlu anda kuasai.

Jika anda belum begitu memahami cara cek oli mobil, maka pada artikel kami kali ini kami akan membatu anda membagikan cara cek oli mobil. adapu cara cek oli mobil adalah sebagai berikut:

Berdasarkan Warna Oli

Cara paling sederhana dan ringkas yang dapat anda lakukan untuk memeriksa oli mobil anda adalah melalui warna oli pada mobil anda itu sendiri. Ada beberapa indikator warna oli yang perlu anda perhatikan jika anda melakukan pemeriksaan manual terhadap kondisi oli mobil anda.

1. Warna Coklat Kekuningan

Oli yang telah berubah menjadi coklat agak kekuningan menandakan bahwa mobil tersebt telah menempuh perjalanan yang cukup jauh, biasa idkatakan berkisar antara jarak 1000-2000 km. Namun, anda tidak perlu panik karena oli dengan warna coklat kekuningan masih dikategorikan dalam kondisi normal dan aman. Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala untuk tetap awas terhadap kondisi oli mobil.

2. Warna Putih

Jika oli pada mobil anda warnanya telah berubah menjadi putih, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada cairan lain yang masuk dan bercampur bersama oli tersebut. Hal ini menandakan perlunya penggantian oli secepatnya karena oli yang telah bercampur air tidak dapat digunakan kembali.

3. Warna hitam

Bila warna oli pada mobil anda telah berubah menjadi hitam, maka anda juga perlu mengganti oli mobil karena bisa jadi warna hitam tersebut muncul akibat jarak tempuh yang terlalu jauh yang ditempuh oleh mobil anda atau juga bisa diakibatkan karena terdapat kerusakan pada komponen mobil yang perlu mendapatkan perhatian serius. Untuk itu, jika warna oli berubah menjadi hitam, segeralah mengganti oli dengan yang baru.

Berdasarkan Tanda Dipstick

Melakukan cara cek oli mobil melalui dipstick juga cukup sederhana. Anda hanya tinggal menarik dispick oli mesin dan membersihkannya menggunakan tisu atau kain lap. Setelah kering, masukkan kembali dipstick oli tersebut hingga oli menempel dan tarik kembali. Pada keadaan normal, oli akan berada pada posisi full. Itu artinya anda tidak perlu mengganti atau menambah oli mesin. Namun, jika posisinya berada dibawah garis normal, anda bisa menambahkan jumlah oli.

Mudah bukan? demikianlah cara cek oli mobil dengan praktis dan mudah semoga dapat membantu anda. terima kasih telah menyimak!

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)