Awas, hindari mengemudi dalam keadaan mengantuk

0

Hindari mengemudi saat mengantuk

Tetap mengemudikan kendaraan saat sedang dalam kondisi mengantuk adalah sebuah kebiasaan para pengendara yang sangat berbahaya untuk dilakukan apalagi dijadikan kebiasaan. Pasalnya, mengemudi dalam keadaan mengantuk sangat berbahaya karena tubuh dan otot-otot tangan serta kaki kelelahan segingga respon anggota tubuh terhadap kondisi jalan raya juga berkurang ditambah lagi penglihatan mata yang fokusnya semakin berkurang serta konsentrasi pengendara yang buyar yang komponen semua itu dapat menjadi komposisi kondisi yang sangat memungkinkan untuk terjadinya kecelakaan.

Apalagi jika pengendara dalam kondisi kantuk yang amat sangat dimana untuk beberapa detik pengendara bisa tertidur tanpa sara saat sedang memegang setir. Tak hanya membahayakan nyawa si pengendara sendiri, mengemudi saat mengantuk juga sangat berbahaya bagi para penumpang mobil/kendaraan yang dikemudikan sertadapat membahayakan pengendara lain yang dapat turut menjadi korban kecerobohan anda dalam berkendara. Apa sebenarnya penyebab utama mengantuk dalam mengemudi?

Apa bahaya mengemudi dalam keadaan mengntuk? Bagaimana tips untuk mengatasi mengemudi dalam keadaan mengantuk? Apakah ada tips dan trik khususnya? Smeu pertanyaan anda di atas akan otosini.com kupas secara tuntas dan mendetail.

Penyebab Mengantuk Dalam Mengemudi

Bila anda menemukan pengendara yang mengemudi dalam keadaan mengantuk, maka bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  1. Mengemudi Terlalu Lama

Para pengemudi yang menempuh perjalanan jauh yang membutuhkan waktu lama, kebanyakan merasa malas untuk berhenti dan beristirahat jika dalam kondisi mengantuk dan lebih memilih untuk lanjut menyetir dan menyepelekan sinyal dari alam yang memerintahkan tubuhnya untuk tidur. Normalnya, seseorang berada dalam kondisi sangat bugar dan dalam kondisi terbaik untuk menyetir adalah selama 2,5 jam. Setelah itu, konsentrasi dan fokus akan berkurang dan datanglah rasa kantuk

  1. Kekenyangan

Kekenyangan dan terlalu banyak makan sebelum berkendara dapat menyebabkan datangnya rasa kantuk saat anda mengemudi. Untuk itu, usahakan sebelum berpergian makan secukupnya saja dan hindari makanan yang berlemak yang dapat menyebabkan anda kekenyangan yang akhirnya akan membuat anda mengemudi dalam keaadaan mengantuk.

  1. Duduk Terlalu Lama

Menguap adalah salah satu indikasi seseorang sedang mengantuk. Bila anda mulai merasakan kantuk saat mengemudi karena anda menguap berulang-ulang kali, mungkin itu disebabkan oleh aliran oksigen yang kurang ke dalam otak yang disebabkan oleh duduk terlalu lama. Tak ada salahnya untuk menepi sejenak dan merengganggkan otot-otot untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengalirkan oksigen ke otak.

Bahaya Mengemudi Dalam Keadaan Mengantuk

Lalu apa sajakan bahaya mengemudi dalam keadaan mengantuk?

  1. Berkurangnya konsentrasi anda terhdapat jalan raya dan mengendarai kendaraan anda.
  2. Berkurangnya fokus anda terhdapat kondisi jalanan dan kendaraan lain di sekitar anda.
  3. Menurunnya respon otak dalam mengambil keputusan serta gerak otot tangan dan kaki.
  4. Menurunkan kejernihan penglihatan.

Keempat hal di atas dapat menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas yang akan sangat membahayakan si pengemudi, penumpang dna para pengemudi lain. Adakah tips dna trik khusus untuk mengatasi mengemudi saat mengantuk?

  1. Istirahat dan tidur

Istirahat adalah solusi pertama yang otosini.com rekomendasikan kepada anda karena mengantuk adalah sebuah tanda atau sinyal alami yang diciptakantubuh anda yang fungsinya seperti alarm yang mengingatkan anda untuk beristirahat. Istirahat di sini tidak identik dengan tidur. Anda dapat menepi sejenak untuk merenggangkan otot-otot anda sambil membli minuman atau makanan ringan, duduk-duduk di SPBU atau res area. Bila memungkinkan, anda dapat tidur sejenak agar pikiran dan otot anda bugar kembali.

  1. Membuka kaca jendela

Jika anda sedang berada di jalur yang tidak memungkinkan anda untuk berhenti apalagi mencari tempat untuk tidur, maka anda dapat mengakalinya dengan membuka kaca jendela agar udara segar dari luar masuk ke dalam mobil. jangan lupa untuk mematikan sejenak AC. Lakukan hal ini sampai anda merasa lebih baik dan menemukan tempat yang tepat untuk berhenti.

  1. Minum Air

Sediakan selalu air mineral di dekat anda. saat anda merasa kantuk namun tidak bisa berhenti maka cobalah untuk meneguk air mineral.

Demikianlah ulasan yang dapat otosini.com berikan kepada anda mengenai mengemudi dalam keadaan mengantuk. Semoga informasi yang kami tuliskan di atas bermanfaat bagi anda dna terima kasih.

 

 

 

 

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)