Efek Mundurnya Pabrikan Ford Di Indonesia Bagi Konsumen, Pengusaha Dan Karyawan Ford

0

Berita mengejutkan awal tahun ini yaitu mundurnya produsen otomotif asal Amerika Serikat yang dilabeli Ford dari pasar Indonesia. Siapa tak mengenal Ford Model T, salah satu mobil sport pertama di dunia? Siapa tak kenal Henry Ford yang memulai assembly line dengan sistem yang kemudian digunakan di seluruh dunia? Ford merupakan pioneer di bidangnya!

Jadi sebetulnya apa yang terjadi? Bagaimana efeknya untuk Konsumen dan Pegawai Ford?

1. Ford Tutup usaha di Indonesia

Keterangan Ford Indonesia di situs resminya, Ford resmi mundur dari seluruh operasional di Indonesia pada trimester kedua 2016 ini. Hal ini termasuk menutup dealership Ford serta menghentikan penjualan dan impor resmi semua jenis kendaraan Ford.

Dalam situs resminya tersebut, Ford juga menambahkan akan tetap menyediakan layanan penjualan, servis serta garansi sampai beberapa waktu ke depan tahun 2016 ini. Tak hanya itu, segala fase peralihan juga akan sesegera mungkin diumukan melalui situs resmi Ford Indonesia.

 

2. Harga Mobil Ford

Tanpa adanya dukungan dealership resmi, tentu semakin sulit mempertahankan populasi mobil Ford di Indonesia, khususnya Makassar. Sementara populasi ini akan sangat mempengaruhi demand/supply serta harga mobil Ford di pasar sekunder. Harga mobil Ford akan turun drastis jika pada kenyataan nya tidak terdapat banyak peminat untuk membeli mobil second hand. Namun, jika peminat mobil Ford masih tetap banyak, dan sementara supply menjadi CBU (completely built-up), ada kemungkinan harga mobil ford meningkat seiring dengan terbatasnya supply.

3. Biaya Servis dan Suku Cadang Ford

Untuk Anda pemilik dan pengguna mobil Ford di Makassar, tentu biaya servis dan suku cadang akan menjadi perhatian Anda. Di situs resminya, Ford Indonesia tetap masih akan melayani sesuai garansi yang tercantum untuk beberapa waktu ke depan di tahun 2016 ini. Akan dibuatkan pengaturan sendiri untuk transisi segala perubahan servis mobil Ford tersebut. Akan tetapi, saat seluruh gerai Ford sudah tutup, musti diperhatikan juga berapa ongkos yang musti Anda siapkan untuk servis mobil ford di bengkel makassar.

4. Peluang untuk Usaha Bengkel

Tiadanya operasional Ford di pasar Indonesia akan meninggalkan jejak populasi mobil Ford tanpa layanan resmi. Selama mobil ford anda masih dalam kondisi baik dan beroperasi dengan lancar, tentu anda sebagai pemilik akan tetap membutuhkan jasa servis dan suku cadang resmi mobil Ford. Dan bagi yang pemilik bengkel sepertinya perlu segera memperhatikan peluang usaha bengkel Mobil Ford ini.

5. Pensiun Dini

Karyawan Ford Indonesia dihadapkan dengan program pensiun dini. Jika Anda masuk dalam kelompok ini, sebaiknya jangan girang dulu karena akan menerima sejumlah dana besar. Ya, ada banyak PR yang musti Anda lakukan guna memastikan dana tersebut tidak akan habis begitu saja.

Dan ternyata, Ford tidak hanya menutup operasionalnya di Indonesia. Ford juga tutup di Jepang! Artinya ini merupakan bagian dari restrukturisasi model bisnis Ford di seluruh dunia. Indonesia serta Jepang masuk kategori pasar yang tidak berhasil Ford kembangkan sesuai rencana, target dan program.

Jika perusahaan sebesar Ford saja harus melakukan restrukturisasi untuk tetap fokus pada pasar yang mereka telah kuasai, maka semua jenis bisnis di Indonesia pun harus segera bercermin pada dirinya sendiri. Evolve or die!

Meninggalkan sebuah pasar dengan jumlah 250 juta penduduknya tentu bukanlah perkara mudah bagi manajemen Ford Indonesia. Mari kita lihat perkembangannya, apakah nantinya Ford akan kembali membuka operasionalnya lagi di Indonesia?

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)