3 Tips Berkendara Saat Macet

0

Awas Macet!

Kemacetan di kota-kota besar sangatlah rentan terjadi dan cukup sulit dihindari oleh sebagian kalangan masyarakat. Hal ini bisa disebabkan karena intensitas kendaraan yang sangat padat atau adanya masalah lalu lintas yang kurang baik dan tidak berjalan lancar. Bahkan faktor cuaca juga seringkali menimbulkan masalah lalu lintas yang tidak terduga, misalnya pohon tumbang, kecelakaan dan lain sebagainya. Supaya aktivitas berkendara ketika macet tetap terasa aman, nyaman dan terhindar dari resiko senggolan dengan kendaraan lain, maka ikutilah 3 tips berkendara saat macet di bawah ini, antara lain:

1. Perhatikan jarak aman dengan kendaraan di sekeliling Anda.

Mengatur jarak aman dengan kendaraan lain ketika macet adalah hal penting yang wajib dilakukan supaya aktivitas berkendara tetap berjalan lancar dan aman. Jarak aman yang bisa dijadikan patokan sekitar 2 hingga 3 meter jauhnya. Namun, Anda tetap harus menyesuaikan jarak aman kendaraan berdasarkan kepadatan jalur atau jalan yang sedang dilewati agar kenyamanan berkendara tetap terasa. Pastikan jarak kendaraan dengan mobil yang ada di depan terasa proporsional untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Jangan terburu-buru dan selalu waspada.

Bersikap hati-hati dan tidak buru-buru ketika berkendara di jalan yang macet adalah hal penting yang sangat harus diterapkan untuk menjaga keselamatan diri Anda dan pengguna jalan lainnya. Sikap hati-hati dan waspada tersebut bisa diterapkan dengan berbagai macam cara, misalnya selalu mengecek kaca spion, waspada dengan kondisi kendaraan di setiap arah, fokus dan gunakan lampu sen ketika belok, sigap dalam melakukan pengereman dan berkonsentrasi penuh terhadap aktivitas berkendara yang tengah dilakukan. Dengan adanya sikap waspada dan tenang, tentu saja berkendara di kawasan macet menjadi lebih aman dan nyaman.

3. Cari jalur alternatif untuk hindari kemacetan.

Apabila ada kesempatan untuk menjauhi kawasan macet dan menggati arah atau rute perjalanan lain yang lebih nyaman dan juga lancar, maka carilah jalur alternatif agar Anda tidak tenggelam dalam kemacetan. Menggunakan jalur alternatif dapat Anda lakukan apabila situasinya memungkinkan. Biasanya, keterbatasan waktu menjadi alasan mengapa mencari dan memanfaatkan jalur alternatif sangatlah penting untuk dilakukan supaya perjalanan yang dilakukan terhindar dari macet yang memakan waktu dan tenaga.

Itulah 3 tips berkendara saat macet yang bisa Anda lakukan agar perjalanan tetap berlangsung secara aman dan nyaman. Hati-hati, sabar dan sikap waspada menjadi kunci utama dalam menaklukkan rute perjalanan yang sangat akrab dengan kemacetan khususnya di kota-kota besar. Apabila semua tips di atas dilakukan dengan sebaik-baiknya, tentu saja masalah kemacetan bisa dilalui dengan baik tanpa khawatir resiko kecelakaan dan lain sebagainya. Dengan demikian, perjalanan akan terasa aman meskipun kondisinya padat dan membuat kendaraan sulit bergerak.

Yuk bagikan :)

Otosini merupakan situs yang mengulas informasi seputar otomotif terutama untuk kendaraan roda Empat. Melalui situs ini anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi mobil, harga terbaru serta informasi informasi lainnya

Silahkan berkomentar melalui platform yang anda sukai

Loading Facebook Comments ...

Leave A Reply

error: Terima kasih telah berkunjung :)